BEOWULF : Pahlawan Legendaris Nyata Dalam Budaya Inggris Kuno


Beowulf adalah seorang pahlawan diabad pertengahan yang kisahnya diketahui lewat sebuah puisi panjang. Puisi ini dijadikan puisi nasional bangsa Inggris untuk melestarikan budaya leluhurnya. Di Inggris, puisi ini juga diwajibkan dibaca murid-murid sekolah atas.

Puisi Beowulf mengisahkan perjalanan hidup seorang pahlawan mulai sejak dia masih muda sampai kematianya yang heroic. Meski ditulis dengan bahasa Inggris kuno, setting tempatnya berada didaerah Skandinavia, di sekitar Swiss dan Denmark. Penulis naskah puisi dalam bentuk manuskrip ini hinga sekarang tidak diketahui. Tapi pemilik pertama manuskrip Beowulf yang dikenal adalah seorang sastrawan bernama Laurence Nowell yang hidup di abad ke 16.

Meski disebut sebagai manuskrip asli, tapi banyak dari kalangan yang menyebut jika naskah tersebut bukanlah yang benar-benar asli.naskah pertama tersebut sebagian besar hancur karena kebakaran yang menimpa Cotton Library di Ashburnham House tahun 1731. Sebuah terjemahan juga pernah dibuat oleh sastrawan Islandia bernama Grimur Jonsson Thorkelin, tahun 1786, dan dipublikasikan pada tahun 1815 atas dukungan pemerintah Denmark.

Sejarah Beowulf dipercaya benar-benar terjaid sekitar abad 675 M. sementara manuskrip pertama ditulis sekitar abad 1000 M. dari perspektif  sejarah kisah ini diyakini diturunkan dari generasi ke generasi beriktnya secara lisan oleh para pengelana dan para penyair. Oleh karenanya beberapa alterasi dalam kisahnya tak pelak terjadi.

Perubahan pertama yang yang diyakini terjadi, mulai dilakukan saat para pendeta menulis kembali kisah Beowulf dengan sempalan idiom agamanya. Meskipun demikian, benang merah kisahnya tetap terjaga dan dilestarikan oleh siapa saja yang menuliskannya kembali.

Bahasa dari puisi tersebut mengunakan paduan west saxon dan dialek Anglian dari bahasa Inggris kuno seperti kebanyakan puisi lainnya dari decade tersebut. Panjangnya pusis ini tentu sangat mengundang rasa penasaran orang tentang isi didalamnya. Belum lagi fakta yang menyebutkan bahwa meski berbentuk puisi, isi didalamnya sama sekali tidak memiliki rhyme dan tak berjudul pada mulanya.

Selama lebih dari seratus tahun,studi tentang puisi Beowulf lebih ditekankan pada pembelajaran tentang sejarah  suku-suku bangsa Jerman dan pembelajaran nahasa masa lampau. Namun tahun 1963, pengarang ynag kita kenal dengan karya monumentalnya The Lord Of the Rings, J.R.R.Tolkien, mengubah sudut pandang pembelajaran puisi tersebut menajdi lebih pada sisi literaturnya sejak ia menerbitkan buku berjudul Beowulf : The Monster and the Critics. Tolkien bahkan mengakui jika novel TLOR karyanya tersebut, banyak dipengaruhi oleh kisah dalam puisi Beowulf.

Sebagai satu-satunya puisi heroic jaman peninggalan bangsa anglo-saxon yang tersisa, puisi Beowulf dinobatkan  sebagai salah satu budaya peninggalan bangsa Inggris yang berharga. Sebuah penggalian situs kuno pada tahun 1939 kemudian menemukan bukti yang menguatkan legenda Beowulf. Sisa-sisa bangkai kapal, pedang, helm, perisai, harpa dan barang-barang mewah lainnya ditemukan pada situs yang diyakini  sebagai tempat peristirahatan terakir Beowulf.

Dalam perkembangnya Beowulf sudah beberapa kali ditampilkan dalam film layar lebar. Salah satunya adalah film besutan Robert Zemeckis dengan judul "BEOWULF : Pride Is the Curse" pada tahun 2007. Film ini bercerita tentang kerajaan Heorot yang tengah ditimpa kemalangan bertahun-tahun akibat serangan monster yang disebut Grendel secara konstan. Sang Raja, Hrotghar yang diperankan oleh Anthony Hopkins tampak tak berdaya dan nyaris tidak memiliki harapan lagi.

Kemudian datanglah Beowulf yang diperankan oleh Ray Winstone untuk menyelamatkan kerajaan tersebut dengan memotong lengak Grendel yang akhirnya membuat Grendel tewas. Namun Ibu dari Grendel yang diperanka sang bibir seksi Angelina Jolie melakukan pembalasan dendam dengan menebar terror bari bagi rakyat Heorot.

Melihat terror yang dilakukan Ibu Grendel membuat Beowulf datang kesarang iblis tersebut untuk membunuhnya.  Sekembalinya dari sarang penuh hawa iblis tersebut keadaan menjadi tenang kembali dan kedamaian menyinggapi kerajaan Heorot dengan Beowulf sendiri yang menjadi raja, sampai pada akhirnya munculah sesosok naga.

Film yang memakan budget sebesar USD 150juta ini menggunakan teknik animasi CGI canggih. Robert Zemeckis dan The Polar exspress telah mengejutkan semua orang dengan persembahan animasi dahsyat berkarakter manusia. Mulai dari tekstur kulit, ekspresi wajah, sampai gerakan tubuh diproyeksikan dengan sempurna dalam kanvas CGI.

Selain film dari Robert Zemeckis tersebut ada tiga film lainnya yang bercerita tentang Beowulf :

The 13th Warrior (1999)
Yaitu film adaptasi dari novel terburuk Michael Crichton berjudul “Eaters of the Dead”. Tokoh utamanya adalah Antonio Banderas yang disulap menjadi orang Arab bernama Ahmed Ibn Fahdlan Ibn Al Abbas Ibn Rashid Ibn Hamad. Beowulf juga berganti nama menjadi Buliwyf yang diperankan Vladimir Kulich


BEOWULF (1999)

Disebuah dunia antah berantah, yang bahkan tidak diketahui secara selas dimasa lalu atau masa depan, manusia immortal Christopher Lambert adalah Beowulf. Pembunuh bayaran misterius yang disewa untuk menyelamatkan kota dari kehancuran. Tak hanya memiliki kemampuan istimewa, Beowulf yang ini juga memiliki rambut bergaya retro-funky dan berwarna putih

Beowulf & Grendel (2005)

Gerard Butler adalah yang berperan sebagai Beowulf yang dititahkan oleh raja Hrotghar yang diperankan oleh Stellan Skarsgard untuk membunuh Grendel, mahkluk mirip Troll yang membuat kekacauan dikerajaannya.

More Pictures for Beowulf's Movie :




Angelina Jolie


4comments:

  1. gimana ya buat dapetin film nya dengan subtitle bahasa?

    ReplyDelete
  2. Streaming saja mbk di layar kaca 21

    ReplyDelete
  3. Streaming saja mbk di layar kaca 21

    ReplyDelete