SANG KIAI : FILM TENTANG PERJUANGAN KEMERDEKAAN OLEH PENDIRI NU (Nahdlatul Ulama)

Ditulis oleh: -

Sang Kiai adalah film kolosal perjuangan kemerdekaan Indonesia.  Dalam peperangan merebut kemerdekaan Indonesia tak lepas dari peran salah satu Kiai besar Hadratussyaikh (mahaguru) Hasyim Asy'ari. Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia ini adalah salah satu bagian penting dalam perjuangan bangsa ini menuju kemerdekaan.

Film dimulai dengan latar pesantren Tebuireng di tahun 1942. Sebagai pemimpin dan guru bagi para santrinya, Hasyim Asy'ari (Ikranagara) selalu mengajarkan hal baik dan mulia. Mulai dari kemandirian sampai menjunjung tinggi nilai Ketuhanan.

Jepang yang baru saja menaklukan Belanda di tanah air, akhirnya menguasai Indonesia dan mengaku sebagai saudara tua. Namun hal ini adalah tipu muslihat untuk menguasai tanah air layaknya Belanda. Sampai akhirnya, kekejaman Jepang pun mengusik Tebuireng dan Hasyim Asy'ar.

Pengaruh kuat Hasyim Asy'ari membuat Jepang menangkap dan mengasingkan sang Kiai besar itu. K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro), putra Sang Kiai, bersama-sama dengan para santri, yang dipimpin oleh Harun berusaha mencari jalan dengan caranya masing-masing untuk membebaskan Sang Kiai dari tahanan Jepang. Cara diplomasi yang dijalankan putra Sang Kiai ternyata sangat berbeda dengan Harun (Adipati Dolken) yang lebih memilih cara emosional dan berapi-api layaknya anak muda. Kecintaan serta tekad yang besar untuk membebaskan Sang Kiai dan keinginan berjuang demi bangsa dan agama membuat Harun bersama sahabatnya Khamid (Royhan Hidayat) menyusul Sang Kiai.

Film ini juga merupakan film autobiography tentang perjalanan hidup K.H. Hasyim Asy'ari dalam mempertahankan prinsip Ketuhanan, juga bangsanya. Mengangkat tema sejarah yang benar-benar pernah terjadi di Tanah Air tercinta kita ini. Film yang disutradarai oleh Rako Prijanto ini diproduksi oleh rumah produksi Rapi Film dan akan disajikan selama 135 menit, dan agar tidak cenderung membosankan, film ini banyak dibumbui dengan keunikan cerita, drama, humor, dan ketegangan yang disajikan sesuai dengan porsinya masing-masing. Keunggulan lain dalam film ini adalah juga disajikannya aksi tembak-tembakan seru layaknya suasana peperangan. Setiap sudut gambar yang tersaji sangat meyakinkan bahwa ini merupakan kisah pada era kemerdekaan.

Film Sang Kiai akan rilis untuk pertama kalinya pada akhir bulan ini, tepatnya tanggal 30 Mei. Sangat layak ditunggu kehadirannya bukan ?

0 comments "SANG KIAI : FILM TENTANG PERJUANGAN KEMERDEKAAN OLEH PENDIRI NU (Nahdlatul Ulama)", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment