BATMAN : SUPERHERO FROM GOTHAM CITY

Ditulis oleh: -

Batman
Batman adalah superhero yang tidak mempunyai kekuatan khusus. Dia hanya mengandalkan kecerdikan, ilmu bela diri, dan senjata yang super canggih. Batman membangun gua rahasia di bawah Wayne Manor dengan nama Bat Cave. Ditempat inilah tersimpan kostum Batman, sanjata canggih, komputer generasi terbaru, dan kendaraan khusus yang meliputi mobil ,motorboat, pesawat, helikopter, serta motor roda dua.

History of Batman : Bruce Wayne sudah kehilangan ayah dan ibu sejak kecil. Penyebabnya adalah terbunuh oleh perampok yang sedang menunggu mangsa di Crime Alley. Kejadian itu bukanlah perampokan berencana, tapi keluarga itu kebetulan lewat didaerah tersebut dan bertemu dengan Joe Chill.

Jam menunjukan menunjukan pukul 10:47 saat mereka memasuki wilayah Crime Alley sepulang menonton theater dan menuju kerumah. Thomas Wayne ditembak dan Martha Wayne berteriak. Tidak lama kemudian Joe Chill juga menembak sang ibu dan pergi membawa harta benda kedua korban itu. Semua itu terjadi didepan kedua mata Bruce Wayne kecil.

Sejak saat itulah dia menginginkan keadilan dan berniat balas dendam. Beruntung orang tua Wayne mewarisinya harta kekayaan berlimpah untuk menunjang kehidupan Wayne kecil. Pembantu paling setia, Alfred, yang mengurus segala macam hal. Hidup Alfred memang penuh dedikasi kepada Wayne.Alfred adalah orang pertama yang mengetahui rahasia Batman dan Robin.

Pada usia 14 tahun, Bruce Wayne mulai keluar dari Amerika untuk berkeliling dan belajar berbagai jenis ilmu. Di Eropa barat, dia kuliah di Universitas agar mendapat pengetahuan umum. Kemudian berlanjut kewilayah lain, seperti kepada orang Prancis bernama Henri Duncard yang melatihnya ilmu beladiri, lalu ninja Krigi melatihnya kekuatan dan ilmu bayangan. Serta di Afrika dia belajar berburu , sedangkan di Nepal dia berlatih ilmu menyembuhkan diri. Kurang lebih Bruce belajar 127 jurus beladiri dari aikido sampai yaw-yan yang membuat gaya bertarung bruce sulit diduga.

Setelah 12 tahun berkeliling dunia, Bruce kembali kekota Gotham, tempat asalnya dan menjadi Batman untuk memberantas kejahatan yang semakin merajalela. Tidak lama kemduian dia dibantu beberapa orang lain seperti Robin, Batgirl, sampai Tim Drake.

10 hal yang perlu diketahu tentang Batman :

1. Who is your name ?
Nama Bruce Wayne berasal dari nama pahlawan Skotlandia bernama Robert Bruce dan jenderal perang Amerika bernama Anthony "Mad" Wayne.

2. Where is Gotham City ?
Kota Gotham tidak pernah ada sampai tahun 1941, sekitar dua tahun setelah komik Batman terbit. Usul pertama kota yang dipakai adalah New York, tapi rekan Bob kane yaitu Bill Finger ingin kota baru maka dicarilah nama lain seperti Civic City, Capital City, dan Coast City. Suatu ketika Bill membuka buku telpon acak dan membaca iklan " Gotham Jewllery".

3. Anniversary years.
Film Batman tahun 1989 bisa disebut sekaligus peringatan 50 tahun lahirnya karakter komik Batman tahun 1939. Hal ini mirip film Superman ditahun 1978 yang merupakan 40 tahun karakter Superman.

4. Record Number One
Sampai hitungan tahun 2003, Batman tampil di 4601 komik. Hal ini merupakan rekor terbanyak mengalahkan Superman yang hanya tampil pada 4472 komik.

5. Second rank
Penampilan pertama Batman Detective Comic #27 ternyata hanya menempati peringkat kedua di bawah action komik #1 yang merupakan penampilan pertama Superman.

6. Number One again
Batman mempunyai 314 action figures yang sosoknya dalam berbagai gaya dan kostum. Di posisi kedua ditempati Spiderman dengan 200 jenis.

7. Batman faced his Parent Killer
Pada edisi Batman #47 bulan juni/Juli 1948, Joe Chill yang merupakan pembunuh keluarga Wayne meninggal ditangan Batman.

8. Death by AT&T
Pada tahun 1988, pembaca komik diminta untuk memilih apakah mematikan karakter Robin II atau membiarkan hidup. Caranya dengan menelpon Premium Call, dan hasilnya Robin II harus meninggal.

9. Oldies
Pada 1943, pada PD II, Columbia sempat memiliki hak cipta Batman dan membuat film pendek yang menampilkan Batman anti Jepang dan tidak suka kalangan atas.

10. The Creator
Percaya atau tidak, menurut kabar angin karakter Robin dan Joker sesungguhnya bukan diciptakan oleh Bob Kane melainkan oleh asistentnya bernama Jerry Robinson.

Batman Familiy
Batman tidak sendiri, sejak awal Batman termasuk superhero yang memiliki banyak kawan yang membantu dalam memberantas musuh-musuhnya. Tiga karakter berikut adalah keluarga atau teman Batman terdekat yang sering mebantu meberantas kejahatan di kota Gotham.

Robin
Robin
Para penggemar Batman umumnya mengenal Dick Grayson sebagai Robin, padahal versi komik setidaknya sudah ada 4 orang yang menjadi Robin. Dick Grayson yang telah naik jabatan dan sudah berubah menjadi NightWing, lalu Jason Todd alias Robin II meninggal terbunuh oleh Joker. paling teekenal sampai sekarang adalah Robin III dengan nama asli Tim Drake. Sebagai tambahan Robin IV adalah seorang gadis yang masih remaja dan juga meninggal.

Latar belakang Tim Drake sebenarnya kurang bagus sebab mempunyai seorang ayah penjahat, namun dibawah bimbingan Bruce Wayne dan Alfred, Tim tidak menjadi penjahat seperti ayahnya. Tim Drake juga menggantikan posisi Nightwing dalam kelompok sidekick "Teen Titans", yang merupakan kelompok kedua setelah Justice League america.

NightWing
Nightwing
Saat masih kecil Dick Grayson telah kehilangan kedua orang tuanya. Hal ini karena sabotase yang dikerjakan Boss Zucco menjadikan kecelakaan yang berakibat kematian. Kemudia Dick yang yatim piatu dilatih Batman untuk menjadi Robin. Selama beberapa tahun akhirnya Dick berubah menjadi dewasa dan ingi berdiri sendiri diluar bayang-bayang Batman. Setelah terjadi permasalahan dengan Bruce Wayne, akhirnya Dick memutuskan untuk berpisah dengan Batman dan menjadi diri sendiri dengan nama jagoan baru " Nightwing".

Diluar kehidupan dengan Batman, Dick adalah seorang mahasiswa dan kemudian menjadi anggota polisi. Dia juga menjalin cinta dengan Barbara Gordon. Selain itu Nightwing juga melepas jabatan sebagai ketua Teen Titans untuk menggantikan Batman sebagai ketua The Outsider. Meski telah menyatakan berpisah diri dengan Batman, faktanya Nightwing sesekali tetap datang membantu Batman.

Batgirl
Batgirl
Sosok yang memakai kostum batgirl sempat berganti-ganti. Pertama adalah Barbara Gordon. Selama beberapa tahun ia mendampingi Batman dalam kegelapan malam. Suatu ketika identitasnya terbongkar. Joker yang mengetahui ini sengaja menyakiti Barbara agar membuat James, sang ayah menjadi gila. Nyawa Barbara memang selamat, tapi ia lumpuh dan selamanya duduk dikursi roda.

Kemudian posisi Barbara diambil alih oleh Cassandra Cain, anak dari David Cain, seorang pembunuh. Sejak masih kecil Cassandra telah dilatih beberapa jenis ilmu oleh psikiatis Jeffrey dan pembunuh bayaran Lady Shiva. Tidak heran jika menjadi wanita tangguh dengan kemampuan dapat membaca arah gerakan lawan melalui body language.

0 comments "BATMAN : SUPERHERO FROM GOTHAM CITY", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment