Video Format PAL dan NTSC



Para mahasiswa multimedia, atau yang gemar video editing pasti tidak asing dan sering menjumpai yang namanya PAL atau NTSC. PAL dan NTSC adalah dua tipe video standard yang digunakan didunia. Bagi yang tidak tahu apa itu jenis video format PAL atau NTSC, berikut penjelasan dan perbedaan antara PAL dan NTSC.

NTSC (National television system comitte )

NTSC adalah system televise analog yang paling sering dan bisa dikatakan digunakan diseluruh US dan sekitarnya. NTSC dikembangkan pada tahun 1950.


Keterangan NTSC :
- coding time frame : 29 frame/sec
- coding bitrate : NTSC ibaratnta UHF
- area grafis NTSC ada yang 16:9 seperti film wide, bioskop atau plasma HDMI, ada juga yang 4:4 tapi sekarang sudah jarang menggunakan yang 4:4

Beberapa yang menggunakan format NTSC adalah : US, Japan, Kanada, Mexico, Taiwan, Chile, Ekuador, Kore Selatan, Dll.

PAL (Phase Alternating Line)

PAL adalah sebuah encoding berwarna yang digunakan dalam system televise broadcast. PAL digunakan hampir diseluruh dunia kecuali dibeberapa wilayah Amerika yang cenderung menggunakan NTSC. PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Burch dan diperkenalkan pada tahun 1967.

Keterangan PAL :
-          - Coding time frame : 24 frame/sec
-          - Coding bitrate : diibaratkan VHF
-          - Area grafis PAL 4:3, seperti TV di Indonesia.

Beberapa Negara yang menggunakan format PAL : UK, Indonesia, Singapore , UEA, Argentina, Italy, Jerman, China, Hongkong, India, Swiss, dll.

Semoga bermanfaat

0 comments "Video Format PAL dan NTSC", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment