MANFAAT MENONTON FILM


Apa sih yang anda lakukan saat stres melanda pikiran anda ? hiburan seperti apa yang anda inginkan saat mempunyai sedikit waktu luang dari sekian banyaknya aktivitas keseharian anda ? saya yakin salah satu hiburan yang kalian ambil adalah menonton film. Entah menonton di bioskop, home teather, atau hanya sekedar menonton film di PC hasil downloadan.

Menonton film memang bisa menjadi alternative hiburan. Kita bisa menonton bareng keluarga, rame-rame bareng temen, berduaan sama pacar, atau bisa juga sendirian. Ingin terhibur adalah tujuan utama yang ingin didapatkan seseorang dari film yang ditontonya. Tapi bukan hanya hiburan saja yang dapat kita peroleh dari film. berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita dapat peroleh dari sebuah film

1. Menarik kita untuk mempelajari hal baru
dalam sebuah film sering kita menjumpai hal-hal baru yang kita tidak mengetahui atau mengetahui tetapi tidak terlalu memperhatikanya. sebagai contoh jika kita menonton Godfather, setelah menonton kebanyakan orang akan tertarik atau penasaran ingin tahu tentang seluk beluk keluarga mafia di kehidupan nyata, apa benar seperti dalam film atau berbeda.

2. Meningkatkan daya imajinasi
Daya imajinasi sangat penting dimiliki seorang manusia, bukan hanya untuk anak-anak, imajinasi juga perlu dimiliki seorang manusia dewasa. Tanpa imajinasi, tak akan pernah tercipta pesawat, telfon genggam, bahkan internet. film-film yang mengoptimalkan imajinasi akan menmpengaruhi sistem imanginer penontonya. Sebagai contoh film imajinasi adalah Star wars, Transformers, atau The Lord of the Rings.

3. Membantu pemahaman bahasa asing
Kebanyakan dari kita pasti lebih suka menonton film-film Hollywood yang mayoritas berbahasa inggris. Dengan memahami setiap dialog dengan cermat, pelan-pelan kita akan terbiasa mendengarkan bahasa asing.

4. Mengenalkan kita kepada budaya asing
Bukan hanya budaya modern yang kita dapat dari film, tapi juga culture budaya dari berbagai negara yang ikut ditampilkan atau menjadi tema dalam sebuah film. Seperti pola kehidupan suatu masyarakat di suatu kota dan tahun tertentu, gaya berpakaian, cara berbicara, dan seni yang menjadi identitas suatu kota/negara. sebagai contoh dalam film The Merchant of Venice.

5. Melatih daya tangkap anak
Untuk hal ini lebih tepatnya untuk film kartun/ seorang anak yang menonton film kartun diharapkan bisa mengerti jalan cerita yang film tersebut tampilkan. Warna-warna cerah dalam kartun ditambah musik yang mendukung akan merangsang sistem neurotik otak anak.

6. Belajar sejarah
Dalam pembelajaran sejarah akan lebih mudah jika ditampilkan secara visual. Banyak sekali film-film dibuat berdasarkan kejadian sesungguhnya yang kemudian menjadi sebuah epik. bukan hanya sejarah kejadian terntentu, tetapi juga sejarah suatu bangsa, biography seseorang, atau sejarah suatu subjek.sebagai contoh adalah film Alexandria, Abraham Lincoln, King Arthur, The Pianist.

7. Pembelajaran dalam hubungan
Hubungan yang saya maksud disini adalah dengan pasangan entah Pacar atau pun suami/istri. Tentu manaat ini kita peroleh dari menonton film yang bergenre romantis. Film romantis akan memotivasi untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Nilai yang positive dari film tersebut dapat kita jadikan panutan tentang bagaimana bersikap dan berperilaku yang menyenangkan hati pasangan.


0 comments "MANFAAT MENONTON FILM", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment